Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es
yg akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut
lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
bila compressor yg akan
anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan
akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal.
perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split.
ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya
berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window.
dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan
aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir.
ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.
alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah:
1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
2. manifold.
3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
4. pentil pengisian freon.
5. perak/kawat las tembaga.
6. pemotong pipa/cutter
7. flare-nut/flereng
8. tools/kunci perkakas
compressor lemari es ada dua macam yaitu:
1. compressor piston
2. compressor rotary
compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua
pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor
jenis rotary.
dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.
saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada
hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam
keadaan dingin/normal).
pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa
kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian
klep compressor.
mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali.
tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya
dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan
tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit.
karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.
compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah.
adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge.
- satu pipa hisap/suction.
- satu pipa untuk pengisian freon.
pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge
- satu pipa hisap/suction
- satu pipa untuk pengisian freon.
- dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.
sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara
memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan
menggunakan alat pengelasan.
dan sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor,
cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada
sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya.
yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar
10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian
freon.
setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg
baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor
berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak
menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.
saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor.
sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.
bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.
bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas
pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan
tembaga yg keluar dari comppressor.
setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak
meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain
basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali
pentil seal dan kencangkan.
beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai
strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel.
strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1
lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan
ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.)
bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat
exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan
pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara
melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi
sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator
keluar.
pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut.
bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air
atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan
sampai mengenai pipa condenser.
jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.
setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari
es dengan mesin vakum sampai angka 30″ bila anda tidak mempunyai mesin
vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer.
bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti
tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa
kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
cara penggunaan manifold sudah saya pernah tulis, silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.
setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka
kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada
pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum
menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan
langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga
ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.
liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator.
bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu)
untu lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya
dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses
pendinginannya sudah maksimal.
untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat
dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran
bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami
kebuntuan.
untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita
melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi
lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas
melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar