Jumat, 17 Mei 2013

Nama komponen tv dan fungsi


1. Flyback
ABCD0004
Flyback merupakan komponen penting dalam pesawat TV yang fungsi utamanya sebagai penyuplai tegangan tinggi pada CRT, disamping untuk suplai2
tegangan lainnya. Sebagai komponen high voltage transformer, flyback sering mengalami kerusakan baik yang bisa dilihat secara fisik maupun tidak. Untuk rekan2 teknisi mungkin bahkan sering membandrek flyback, atau mengganti dengan komponen yang tidak sama dengan serial part-nya, tentunya dengan kita tahu pin-pin data flyback yang akan kita ganti, biasanya dengan cara melihat data jalur pada PCBnya. Bagi para teknisi yang tinggal jauh dari perkotaan perihal bandrek-membandrek mungkin sudah menjadi hal yang biasa, ini dikarenakan untuk mendapatkan seri yang sesuai kadang-kadang sulit didapat di toko-toko terdekat. Ada sedikit kabar gembira bagi rekan2 teknisi bahwa di tempat kami ada Flyback Ori dengan harga murah….!. Namun untuk serialnya masih tergolong baru, bisa juga digunakan untuk membandrek semisal Tv China yang kebanyakan masih sulit didapat di toko-toko, hanya sebagian kecil saja yang ada. Disamping itu juga kami menyediakan Flyback biasa namun sudah kami chek kualitasnya, lumayan tidak mengecewakan. Di atas adalah contoh gambar flyback ori, dan berikut adalah data pin-nya :
L40B18500 : COL_B+_24V_180V_AFC_NC_ABL_16V_GROUND_H (SANYO)
BSC25-0232A/FA 104 WJZZ : COL _B+_GROUND_24V_+12V_-12V_180V_GROUND_H_ABL (SHARP CZAR 21 FLAT)
BSC 25-0285B : COL_B+_24V_15V_GROUND_H_NC_180V_NC_ABL
BSC 25-T1010A (Tv China/Mesin W COM dll)
FA 116 WJ (SHARP)
2. Resistor
images
Pengertian dan fungsi resistor – Pengertian Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang paling banyak digunakan dalam rangkaian, fungsi resistor adalah sebagai tahanan atau penghambat tegangan, yang pada penerapannya dapat digunakan dalam berbagai keperluan.
Fungsi Resistor dalam komponen elektronika sangat berpengaruh besar, karena resistor merupakan komponen elektronika dasar yang berfungsi untuk menghambat arus listrik yang melewati suatu rangkaian. Resistor juga merupakan komponen elektronika yang berjenis pasif mempunyai sifat menghambat arus listrik.
Berikut ini beberapa fungsi resistor :
Resistor berfungsi sebagai pembagi arus
Resistor berfungsi Sebagai pembatas / pengatur arus
Resistor berfungsi Sebagai penurun tegangan
Resistor berfungsi Sebagai pembagi tegangan
Resistor berfungsi Sebagai penghambat aliran arus listrik,dan lain-lain.
Pengertian dan fungsi resistor
Dapat di simpulkan, bahwa semua rangkaian elektronika selalu menggunakan komponen elektronika yang satu ini. Jadi sangat wajar apabila resistor menjadi komponen elektronika yang paling terkenal dan juga paling banyak di pakai. Simbol dari Resistor adalah ohm, atau biasa di lambangkan dengan simbol Ω.
Selain membahas tentang fungsi resistor, kali ini kita juga akan membahas nilai dan jenis dari resistor. Nilai resistor di bagi menjadi 3 jenis, yaitu :
Fixed Resistor : Yaitu resistor yang nilai hambatannya tetap.
Variable Resistor : Yaitu resistor yang nilai hambatannya dapat diubah-ubah.
Resistor Non Linier : Yaitu resistor yang nilai hambatannya tidak linier karena pengaruh faktor lingkungan misalnya suhu dan cahaya.
Jenis-Jenis Resistor juga bermacam-macam, saat ini sudah banyak jenis dari resistor yang banyak di jual di pasaran. Berikut ini kami jelaskan tentang jenis-jenis resistor :
Resistor Biasa (nilainya tetap) adalah sebuah resistor penghambat gerak arus listrik yang nilainya tidak dapat berubah (konstan). Resistor ini biasanya terbuat dari nikel atau karbon.
Resistor Variabel (berubah) adalah sebuah resistor yang nilai variabelnya dapat berubah dengan cara memutar atau menggeser.

1 komentar:

  1. makasih sudah share https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/solder-temperatur



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    +JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT +

    BalasHapus